Program Keluarga Harapan

APA ITU Program Keluarga Harapan (PKH)?

Program Keluarga Harapan (PKH) adalah Program Perlindungan Sosial melalui pemberian uang tunai kepada Keluarga Sangat Miskin (KSM) bersyarat sebagai upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia yaitu Pendidikan dan Kesehatan.

SASARAN PKH

Sasaran PKH adalah keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin yang memiliki

  • Komponen kesehatan, ibu hamil dan menyusui, memiliki anak yang berusia 0 hingga 6 tahun
  • Komponen pendidikan, anak SD/MI, anak SMP/MTs atau yang sederajat, anak SMA/MA atau yan sederajat, dan anak usia 6 – 21 tahun yang belum menyelesaikan wajib belajar 12 tahun.
  • Komponen kesejahteraan sosial, orang lanjut usia mulai 70 tahun dan penyandang disabilitas, diutamakan penyandang disabilitas berat

TUJUAN PKH

PKH merupakan program percepatan pengentasan kemiskinan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia terutama pada kelompok masyarakat miskin.

KEWAJIBAN KPM (Keluarga Penerima Manfaat) PKH

  • KPM PKH harus terdaftar dan hadir pada fasilitas kesehatan dan pendidikan terdekat. Kewajiban KPM PKH di bidang kesehatan meliputi pemeriksaan kandungan bagi ibu hamil, pemberian supan gizi dan imunisasi serta timbang badan anak balita dan pra sekolah
  • Kewajiban di bidang pendidikan meliputi mendaftarkan memastikan dan mendaftarkan anggota keluarga PKH ke satuan pendidikan sesuai dengan
  • Kewajiban di bidang kesejahteraan sosial, memberikan makanan bergizi dengan memanfaatkan pangan lokal, perawatan kesehatan minimal 1 kali dalam setahun terhadap anggota keluarga lanjut usia mulai dari 70 tahun

PENYALURAN BANTUAN PKH

Penyaluran bantuan PKH ditetapkan oleh Direktorat Jaminan Sosial Keluarga, Penyaluran bantuan diberikan 4 tahap dalam setahun.

Nilai bantuan merujuk Surat Keputusan Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial Nomor 26/LJS/12/2016 tanggal 27 Desember 2016 tentang Indeks dan Komponen Bantuan Sosial Program Keluarga Harapan Tahun 2017. Komponen bantuan dan indeks bantuan PKH pada tahun 2017, sebagai berikut:
a. Bantuan Sosial PKH Rp. 1.890.000
b. Bantuan Lanjut Usia Rp. 2.000.000
c. Bantuan Penyandang Disabilitas Rp. 2.000.000
d. Bantuan Wilayah Papua dan Papua Barat Rp. 2.000.000

Cara Mendapatkan PKH Program Keluarga Harapan
Kesalahpahaman terkait daftar penerima Bnatuan PKH membuat sebagian pihak beranggapan bahwa Pendamping memiliki wewenang untuk mendaftarkan peserta baru PKH. Padahal Pendmaping PKH hanyalah petugas lapangan yang juga sebagai Pengguna data.

Artinya bahwa data penerima Bantuan PKH berasal dari pusat dengan sumber PPLS dari TNP2K atau Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan.

Jadi Cara Mendapatkan PKH adalah calon peserta harus masuk dalam daftar Keluarga Miskin yang pendataannya adalah ketika Sensus penduduk oleh BPS. Adapun indikator kemiskinan untuk memetakan kategori masing-masing keluarga BPS lebih mengetahui dan menguasai. Namun tidak semua keluarga kategori Miskin dan atau Sangat Miskin akan langsung mendapat Bantuan PKH, sebab Penerima PKH pun harus memenuhi Syarat-syarat Peserta PKH.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *